Laman

Senin, 20 Februari 2012

Pengertian dan Pentingnya Manajemen

Organisasi: bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih, yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, terikat secara formal dalam satu ikatan hirarki. Dimana terdapat hubungan antara seorang pimpinan atau kelompok orang yang disebut pimpinan dan seorang atau kelompok yang disebut bawahan.

Pengertian Manajemen

  • Mary Parker: proses pengadminitrasian dan pengordinasikan sumber- sumber daya secara efektif dan efisien dalam upaya pencapaian tujuan organisasi
  • Thomas H. Nelson: sebagai suatu ilmu dan seni memadukan sumber daya untuk mencapai tujuan
  • George R. Terry: merupakan suatu proses khas yang meliputi perencanaan pengorganisasian, pengarahan serta pengawasan untuk mencapai tujuan tertentu dengan menggunakan sumber daya.
Pentingnya Manajemen
  1. Bagi Individu
    • Merencanakan pekerjaan untuk orang lain
    • Menentukan orang lain melakukan pekerjaan
    • Mengordinasi dan menggerakkan orang lain agar mau melaksanakan tugas dalm oraganisasi dan mampu melaksanakanpekerjaan secara efisien dan efektif serta menyukai pekerjaan
    • Mengendalikan dan mengevaluasi sumber daya dalam rangka perkembangan dan pencapaian tujuan
  2. Bagi Organisasi
    Organisasi dalam kehidupan mempunyai tujuan yang harus di capai, melalui penggunaan sumber daya yang terbatas, di kelola dengan efisien dan efektif, sehingga memerlukan alat yang tepat yaitu manajemen.
  3. Manajemen sebagai Seni
    • Seni merupakan suatu kemampuan pribadi manajer untuk menarik perhatian dan mengetahui orang lain sehingga mau mengikuti perintah manajer
    • Merupakan tindakan yang diaplikasikan kedalam perilaku
Bila manajer mempunyai pengetahuan dasar manajemen dan mengetahui cara menerapkan pada situasi yang ada, maka manajer akan mampu melakukan fungsi- fugsi manajerial dengan efesien dan efektif.

Seorang manajer harus cukup flexibel untuk menyesuaikan diri dengan situasi baru dan perubahan lingkungan.

Hubungan ilmu dan seni manajemen dapat dijelaskan bahwa:
  • Seni (praktek) manajemen seharusnya selalu di dasarkan atas prinsip- prinsip teori (ilmu)
  • Seni (praktek) menimbulkan ilmu
Menurut Marry Parker
Efesien: penggunaan input sedikit untuk mendapatkan output yang besar setiap pekerjaan dilakukan secara benar.
Efektif: perjalanan organisasi dalam mencapai tujuan dengan tepat setiap pekerjaan dilakukan secara benar.

Menurut Peter Drucker
Efesiensi:
  • melakukan pekerjaan yang benar
  • kemampuan menyelesaikan pekerjaan dengan benar
  • berdaya guna
  • berhubungan dengan penggunaan sumber daya
Efektivitas:
  • melakukakan pekerjaan yang benar
  • berhasil guna
  • berhubungan dengan pencapaian tujuan
Mizberg: manajer atau pimpinan = figure head
Pencitraan
  • seorang pimpinan harus memonitoring dengan cara walk around
  • seorang pimpinan harus berwiraswasta: mampu berani mengambil sikap
  • seorang pimpinan harus pengayoman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...